Saling Berbagi Ilmu Untuk Menuju Tahun Kebangkitan Teknologi dan Informasi.

4 Mei 2010

Kontrol Presentasi dengan Ponsel

Salah seorang teman mengirimkan pesan singkat, menanyakan mengenai keberadaan dan harga presentation clicker atau remote control untuk presentasi.
Beberapa perusahaan seperti Kensington, Logitech, dan Keyspan menyediakan alat untuk keperluan tersebut dengan harga 45 sampai dengan 60 USD atau berkisar 400.000 sampai 500.000 rupiah.
logitech-presenter Di Indonesia, Anda juga bisa menemukan produk sejenis, Infiniter Laser Presenter atau Powersenter, dengan harga yang sedikit lebih murah dari merek di atas, berkisar 275.000 sampai dengan 399.000 rupiah.
Namun kontrol jangkauan yang diberikan cukup terbatas. Rata-rata dukungan yang bisa diberikan oleh alat-alat tersebut hanya berkisar 10 sampai 15 meter saja. Jika diganti dengan tetikus (mouse) tanpa kabel, jangkauan yang diberikan seringkali tidak melebihi kemampuan alat di atas.
Jika Anda sudah mempunyai ponsel yang dilengkapi dengan bluetooth, tentunya biaya yang dikeluarkan akan lebih murah dibandingkan membeli alat-alat tersebut. Apalagi rata-rata ponsel saat ini telah dilengkapi dengan perangkat bluetooth di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger